• SMK PGRI SITURAJA
  • TERAKREDITASI B (BAIK)

DISEMINASI HASIL BOOTCAMP KEWIRAUSAHAAN DALAM PROGRAM SPW TAHAP 1 TAHUN 2021

Alhamdulillah, pada Tahun Pelajaran 2021-2021 tepatnya di Tahun 2021 SMK PGRI Situraja kembali mendapat kepercayaan dari Direktorat SMK sebagai salah-satu sekolah dari sekian banyak sekolah di Seluruh Negara Indonesia yang mendapatkan Bantuan Fasilitasi SMK yang Mengembangkan Produk Kreatif Kewirausahaan Tahun Anggaran 2021.

Program Bantuan PKWU tersebut dimaksudkan untuk peserta didik di SMK PGRI Situraja yang sudah memiliki usaha secara mandiri, dimana sejak terdampaknya pandemi covid-19 peserta didik mengalami beberapa perubahan karakter belajarnya dan dampaknya juga terasa kepada lingkungan keluarganya yaitu perekonomian  merosot drastis. Dengan adanya program tersebut bisa menjadi solusi bagi para peserta didik di SMK PGRI Situraja memiliki jiwa wirausaha muda yang dapat membantu perekonomian di keluarganya.

Pada program Bantuan Fasilitasi SMK yang mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan Tahun 2021 ada sedikit perbedaan dibanding dengan tahun tahun sebelumnya. Perbedaan yang paling menonjol diantaranya terdapatnya Kegiatan Bootcamp Kewirausahaan. Kegiatan Bootcamp tersebut telah dilaksanakan sebelumnya selama 4 hari bagi SMK yang mendapatkan Bantuan Produk Kreatif Kewirausahaan salah satunya SMK PGRI Situraja. Perwakilan peserta bootcamp dari masing-masing sekolah harus mengikuti 3 orang per sekolah diantaranya Kepala Sekolah, Wakasek Bidang Kurikulum dan Guru PKK (Produk Kreatif Kewirausahaan).

Nah, untuk kegiatan kali ini yaitu Diseminasi Program SPW Tahap 1 merupakan pemberian hasil bootcamp yang sudah dilaksanakan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dengan melibatkan Narasumber-narasumber hebat diantaranya dari Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui Pengawas Pembina SMK PGRI Situraja beserta Pelaku UMKM yang sudah sukses yang bergerak dibidang Kuliner.

Pelaksanaan Diseminasi ini dilaksanakan selama 1 hari dengan melibatkan peserta diantaranya, 10 orang perwakilan siswa yang sudah memiliki usaha / bisnis, Tim Manajemen sekolah yang terdiri dari Wakasek dan Kaprog serta Guru Produktif dan guru PKK.

Pada kegiatan tersebut, terlihat peserta mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan antusias, dimana kegiatan tersebut berlangsung sampai dengan Pukul 15.30 WIB. Sekaligus penyerahan secara simbolis kepada siswa pelaku usaha yang terdiri dari 5 kelompok wirausaha. Dimana kelima kelompok tersebut memiliki jenis usaha yang berbeda beda diantaranya : usaha bidang kuliner, bidang jasa service dan pengadaan sepeda motor, bidang asesoris Handphone dan bidang kebutuhan rumah tangga (sabun cuci piring dan laundry).

Setelah kegiatan diseminasi ini terlaksana, para peserta didik dibimbing untuk membuat proposal usaha dan didampingi oleh guru mentor sehingga proses bisnis yang dilakukan oleh peserta didik bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Tulisan Lainnya
Kegiatan Workshop Penguatan Pembelajaran PKK Berbasis Proyek Tahun 2020

Sumedang - SMK PGRI Situraja telah melaksanakan Kegiatan Workshop Penguatan Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tanggal 26 Oktober 2020 di kampus SMK PGRI Situraja y

19/11/2020 21:28 - Oleh Rifki Adha Rifadhi, S.Kom. - Dilihat 1093 kali
Penyemprotan Disinfektan Serentak di SMK PGRI Situraja

SMKPGRI - Pelaksanaan penyemprotan disinfektan di SMK PGRI Situraja kemarin Jumat (21/08/2020), merupakan dukungan terhadap Pemerintah Daerah Kab. Sumedang sebagai upaya memutus mata ra

22/08/2020 21:26 - Oleh SMK PGRI Situraja - Dilihat 1073 kali
Perlombaan Online dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-75 SMK PGRI Situraja 2020

Salam redaksi SMK PGRI Situraja Kabupaten Sumedang Puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan majalah ini. Kami juga m

12/08/2020 15:22 - Oleh Popi Kiatno, S.Pd. - Dilihat 1281 kali
Disdik Siapkan SOP Sekolah Tatap Muka

DISDIK - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Agus Wahidin mengatakan Disdik Sumedang sudah mendapat perintah dari bupati untuk segera mempersiapkan petunjuk teknis (juknis)

05/08/2020 21:56 - Oleh SMK PGRI Situraja - Dilihat 944 kali
Bupati Minta Disdik Lakukan Kajian Sekolah Tatap Muka

GEDUNG NEGARA - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan teknis kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah secara tatap muka. Kebijakan ini

05/08/2020 21:52 - Oleh SMK PGRI Situraja - Dilihat 751 kali